You are here
Kurikulum Prodi Fisika
KURIKULUM PRODI FISIKA FMIPA UNY
A. RASIONAL
Program Studi Fisika didirikan pada tahun 1997 berdasarkan pada Surat Dirjen Dikti No. 1259/DT/T/97, tanggal 29 Mei 1997 tentang ijin pembukaan program studi non-kependidikan di lingkungan FPMIPA IKIP Yogyakarta. Dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 31 Agustus 1999 tentang perubahan Status dari IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), FPMIPA berubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Jurusan Pendidikan Fisika secara resmi memiliki program studi Fisika.
Pengembangan kurikulum di Program Studi Fisika didasarkan pada beberapa alasan dan pertimbangan:
- Kebutuhan Dunia Industri. Industri dan dunia kerja semakin kompleks dan berkembang pesat. Kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki keterampilan, pemahaman dan pengetahuan yang mendalam tentang fisika semakin tinggi. Dalam hal ini, pengembangan kurikulum Prodi Fisika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang relevan dan berguna untuk memenuhi kebutuhan dunia industri.
- Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang dengan pesat. Sebagai Program Studi Fisika, perlu terus mengikuti perkembangan ini untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman yang akurat dan mendalam tentang konsep-konsep fisika terkini. Pengembangan kurikulum Prodi Fisika didasarkan pada pembaruan dan pengembangan konsep fisika yang berkelanjutan.
- Standar Pendidikan Nasional dan Internasional. Pengembangan kurikulum Prodi Fisika juga didasarkan pada standar pendidikan nasional dan internasional. Kurikulum harus sesuai dengan standar pendidikan nasional dan internasional untuk memastikan bahwa lulusan Prodi Fisika memenuhi persyaratan dan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di seluruh dunia.
- Keterampilan dan Kompetensi Lulusan Pengembangan kurikulum Prodi Fisika didasarkan pada keterampilan dan kompetensi lulusan. Kurikulum harus memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan eksperimental, analitis, dan pemecahan masalah yang kuat serta mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi dan industri. Pengembangan kurikulum harus memberikan landasan yang kuat bagi para mahasiswa untuk mengembangkan karir yang sukses di bidang fisika dan bidang terkait lainnya.
B. VISI KEILMUAN DAN TUJUAN PROGRAM STUDI
- 1. Visi Keilmuan Program Studi
Visi keilmuan Prodi Fisika adalah mengembangkan keilmuan fisika terapan yang mendukung potensi lokal terkait lingkungan yang berkelanjutan
2. Tujuan Program Studi
Tujuan Program Studi (TPS) didasarkan pada rumusan visi dan misi yang dimiliki oleh Prodi Fisika. Penyusunan Program Educational Objectives (PEOs) Prodi didasarkan pada dua peraturan terkait, yaitu Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Presiden Republik Indonesia no. 8/2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif. Sesuai dengan KKNI, jenjang kualifikasi sarjana S1 Prodi Fisika termasuk level 6.
Berdasarkan pada visi dan misi Prodi Fisika, visi dan misi FMIPA, visi dan misi Universitas Negeri Yogyakarta, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti), dan beberapa peraturan terkait, maka Prodi Fisika merumuskan 4 (empat) PEO, yaitu:
Table 1. Program Educational Objectives (PEOs) Prodi Fisika UNY
No. |
Program Objectives Description |
PEO 1 |
Graduates are capable of exhibiting personal characters, academic attitude, and scientific integrity |
PEO 2 |
Graduates are capable of having knowledge in the field of physics |
PEO 3 |
Graduates are capable of performing design skills in the field of physics |
PEO 4 |
Graduates are capable of applying the knowledge of physics to their life and the community |
Tabel 2. Pola masa belajar Prodi Fisika
No |
Kelompok Mata Kuliah |
Beban SKS |
||
Pola 5-1-2 |
Pola 6-0-2 |
Pola 6-1-1 |
||
1 |
Mata Kuliah Universiter |
16 |
16 |
16 |
2 |
Mata Kuliah Fakulter |
4 |
4 |
4 |
3 |
Mata Kuliah Wajib (Utama) Prodi |
71 |
71 |
71 |
4 |
Mata Kuliah Pilihan (Advanced) Prodi |
9 |
19 |
23 |
5 |
Mata Kuliah Luar Prodi |
18 |
0 |
12 |
6 |
Mata Kuliah Luar Kampus (termasuk KKN, PKL dan Tugas Akhir) |
28 |
36 |
20 |
Total SKS |
146 |
146 |
146 |
Tabel 3. Distribusi Matakuliah pada Setiap Semester
Kode Mata Kuliah |
Nama Mata Kuliah |
Jumlah SKS |
|||
Jumlah |
Teori |
Praktik |
|||
Semester 1 |
|||||
MKU6201 |
Pendidikan Agama Islam* |
2 |
2 |
- |
|
MKU6202 |
Pendidikan Agama Katolik* | 2 | 2 | - | |
MKU6203 |
Pendidikan Agama Kristen* | 2 | 2 | - | |
MKU6204 |
Pendidikan Agama Hindu* | 2 | 2 | - | |
MKU6205 |
Pendidikan Agama Budha* | 2 | 2 | - | |
MKU6206 |
Pendidikan Agama Konghucu* | 2 | 2 | ||
MKU6207 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
- |
|
MKU6212 |
Transformasi Digital |
2 |
2 |
- |
|
FMI6201 |
Wawasan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
2 |
2 |
- |
|
FMI6202 |
Statistik |
2 |
2 |
- |
|
FSK6303 |
Kalkulus Multivariabel untuk Fisika |
3 |
3 |
- |
|
FSK6209 |
Analisis Pengukuran Fisika |
2 |
2 |
- |
|
FSK6309 |
Analisis Rangkaian Elektronik |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6414 |
Mekanika |
4 |
3 |
1 |
|
Semester 2 |
|||||
MKU6208 |
Pancasila |
2 |
2 |
- |
|
MKU6209 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
- |
|
MKU6211 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
- |
|
FSK6304 |
Persamaan Differential untuk Fisika |
3 |
3 |
- |
|
FSK6411 |
Elektronika Analog |
4 |
3 |
1 |
|
FSK6215 |
Mekanika Analitik |
2 |
2 |
- |
|
FSK6316 |
Getaran dan Gelombang |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6317 |
Termodinamika |
3 |
2 |
1 |
|
Semester 3 |
|||||
MKU6213 |
Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
- |
|
MKU6216 |
Literasi Sosial dan Kemanusiaan |
2 |
2 |
- |
|
FSK6305 |
Aljabar Linear untuk Fisika |
3 |
3 |
- |
|
FSK6312 |
Sistem Digital |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6218 |
Fisika Statistik |
2 |
2 |
- |
|
FSK6419 |
Elektromagnet |
4 |
3 |
1 |
|
FSK6222 |
Teori Relativitas Khusus |
2 |
2 |
- |
|
FSK6324 |
Fisika Kuantum |
3 |
3 |
- |
|
Semester 4 |
|||||
FSK6407 |
Fisika Komputasi |
4 |
3 |
1 |
|
FSK6313 |
Sensor |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6321 |
Optik |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6225 |
Fisika Atom |
2 |
2 |
- |
|
FSK6226 |
Fisika Nuklir (Inti) |
2 |
2 |
- |
|
FSK6227 |
Fisika Zat Padat |
2 |
2 |
- |
|
FSK6228 |
Fisika Koloid Dasar |
2 |
2 |
- |
|
FSK6229 |
Mekanika Fluida |
2 |
2 |
- |
|
FSK6231 |
Eksperimen Fisika Lanjut |
2 |
- |
2 |
|
Semester 5 |
|||||
FSK6330 |
Metodologi Penelitian Fisika |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6232 |
Asistensi Laboratorium Fisika |
2 |
- |
2 |
|
FSK6340 |
Sistem Pengukuran* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6341 |
Microcontroller* |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6344 |
Antena* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6346 |
Sistem dan Sinyal* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6247 |
Kristallografi* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6348 |
Semikonduktor* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6251 |
Fisika Nano* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6254 |
Fisika Kimia* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6255 |
Fisika Koloid Lanjut* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6256 |
Teknologi Hamburan Cahaya* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6358 |
Cristal Cair* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6260 |
Laser* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6362 |
Spektroskopi Atom dan Molekuler* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6364 |
Fisika Reaktor* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6267 |
Radiobiologi dan Proteksi Radiasi* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6268 |
Fisika Bumi dan Antariksa* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6270 |
Seismologi* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6272 |
Meteorologi dan Klimatologi* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6274 |
Fisika Kebencanaan* |
2 |
2 |
- |
|
Semester 6 |
|||||
FSK6342 |
Penguat dan Filter Electronik* |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6343 |
Automasi* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6345 |
Modulasi* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6249 |
Fakrikasi dan Karakterisasi Semikonductor* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6250 |
Film Tipis* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6252 |
Karakterisasi Nanomaterial* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6353 |
Soft Condensed Matter* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6257 |
Teknologi Surfactant* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6359 |
Metode Monte Carlo dalam Fisika* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6261 |
Fotonik* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6363 |
Fisika Biomedis* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6265 |
Eksperimen Kinematika Reaktor* |
2 |
- |
2 |
|
FSK6366 |
Fisika Radiasi* |
3 |
3 |
- |
|
FSK6269 |
Geologi Fisik* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6371 |
Metode Survei Geofisika* |
3 |
2 |
1 |
|
FSK6273 |
Astronomi* |
2 |
2 |
- |
|
FSK6297 |
Filsafat Fisika* |
2 |
2 |
- |
|
Semester 7 |
|||||
PKL6603 |
Praktek Kerja Lapangan (PKL) |
6 |
- |
6 |
|
MKU6614 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
6 |
- |
6 |
|
Semester 8 |
|||||
FSK6801 |
Skripsi |
8 |
8 |
- |
LEMBAGA DAN UNIT
- Pusat Layanan Terpadu
- Pusat Layanan Bahasa
- Pusat Layanan Perpustakaan
- Pusat Layanan Penerbitan
- Pusat Layanan Internasional dan Kemitraan
- Pusat Layanan Kesehatan Terpadu
- Pusat Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling
- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
- Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Kampus Karangmalang Yogyakarta 55281
Telepon dan fax (0274) 550847
Email: fisika@uny.ac.id
Copyright © 2025,